Mutiara Hikmah

August 25, 2010

Beberapa tips selama berpuasa

Puasa pada bulan Ramadhan adalah wajib bagi orang yan beriman. Hari-hari yang dilalui selama kita melakukan puasa apalagi jika hari terasa panas, mungkin diperlukan bagaiman kita mencermati puasa selama bulan ramadhan yang dijalani selama enam belas jam atau lebih. Untuk memastikan makanan yang cukup dan kesehatan yang baik. 

Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda selama menjalani ibadah puasa antara lain: 

1. Sebelum Ramadhan, kita harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan kita. Bahkan jika Anda sehat, bahwa Ramadhan akan lancar anda lalui. Rencanakan makanan yang anda makan untuk memastikan Anda mendapatkan makanan, minuman yang sesuai dengan yang anda butuhkan. 

2. Makan sahur sebelum fajar. Ya, memang sulit untuk bangun pada jam itu, karena makan sahur itu memiliki banyak manfaat. Tetapi akan membantu Anda bangun untuk melakukan shalat subuh. Makan sahur adalah Sunnah. Dan ini sama dengan makan pagi dan diakui sebagai makanan awal  yang paling penting. 

3. Jangan makan terlalu banyak, Utamakan makan yang kaya karbohidrat dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan banyak air. Sebagai contoh: telur di roti gandum, yang beberapa biskuit dengan selai kacang, irisan jeruk, dan dua gelas air. 

4. Selama menjalan puasa pada siang hari yang terasa panas, usahakan banyak berada ditempat yang teduh dan sejuk (di dalam ruangan atau di tempat teduh) dan membatasi aktivitas fisik Anda. Istirahat jika memungkinkan.

5. Hindari makan yang bayak ketika berbuka. Ikuti Sunnah: berbuka dengan minum susu, air, atau jus buah. Setelah shalat maghrib, lanjutkan dengan makan lainnya seperti sup dan kerupuk. Selama anda berpuasa, tubuh Anda perlu memerlukan cairan dan meningkatkan kembali gula darah dalam tubuh tanpa berlebihan. 

6. Di sore hari (setelah maghrib), Makanlah makan yang sehat dan seimbang. Jangan makan terlalu banyak, dan pastikan untuk minum lebih banyak cairan. 

7. Setelah habis taraweh, jangan minum teh, kopi, dan soda.  

8. Lebih baik anda memakan makanan seperti buah segar dan kacang. Ada banyak pilihan yang lain, dan tetapi jauh lebih sehat daripada cokelat dan permen. 

9. Minum banyak air sepanjang malam. Minimal 8 gelas sebelum tidur.  

10. Latihan ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan di malam hari. 

11. Hindari makanan goreng dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan. 

12. Bicaralah dengan dokter Anda tentang multi vitamin yang tepat. 

13. Biasakan untuk menyikat gigi sebelum sahur, sesudah berbuka puasa dan sebelum tiduri.

14. Cuci tangan Anda secara teratur, dan menghindari orang-orang yang batuk atau bersin. Ini penting untuk mencegah penyebaran virus (seperti flu musiman dan H1N1) dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. 

15. Berhenti merokok! Untuk orang yang mempunyai keinginan untuk berhenti merokok, pada bulan ramadhanlah saat nya. 

16. Atur jadwal tidur Anda sehingga tidur anda cukup.

17. Perbanyak berzikir, membaca Alquran dan melakukan shallat tahajud di 1/3 malam.